Komponen-Komponen WLAN
Komponen-Komponen WLAN

Ada empat komponen utama dalam WLAN, yaitu :


  • Access Point, merupakan perangkat yang menjadi sentral koneksi dari pengguna (user) ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringannya adalah milik sebuah perusahaan. Access-Point berfu ngsi mengkonv ersikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sin yal digital yan g akan disalurkan melalui kabel, atau disalurk an ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.


Access Point Router



  • Wireless LAN Interface, merupakan peralatan yang dipasang di Mobile/Desktop PC, peralatan yang dikembangkan secara massal adalah dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card, PCI card maupun melalui port USB (Universal Serial Bus).

Wireless Adapter

  • Mobile/Desktop PC, merupakan perangkat akses untuk pengguna, mobile PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA sedangkan desktop PC harus ditambahkan wireless adapter melalui PCI (Peripheral Component Interconnect) card atau USB (Universal Serial Bus).
  • Antena external (optional) digunakan untuk memp erkuat daya pancar. Antena ini dapat dirakit sendiri oleh user. contoh : antena kaleng.

1 Response

Posting Komentar


  • bHarOedAx XII TKJ 1